membuat karya adalah bagian dari pembelajaran seni

kira-kira sejak tulisan ini saya buat saya sudah belajar musik dalam pendidikan formal selama kurang lebih enam tahun, dari SMK yang berjurusan seni musik hingga dibangku perkuliahan dengan jurusan pendidikan seni musik. selama itu pula saya hanya belajar teori dan mengolah skill bermusik agar kemampuan bermain musik lebih cepat berkembang. menurut kamus besar bahasa Indonesia pengertian seni adalah keahlian membuat karya yangg bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dsb);
karya yg diciptakan dengan keahlian yang luar biasa, seperti tari, lukisan, ukiran, dan musik. sedangkan Pengertian Seni Menurut Soedarso SP (1988;16) : Dalam bahasa Inggris, seni disebut “Art”, yang mengandung arti :
Karya manusia yang mengandung kualitas dan nilai estetis.
Aneka keahlian yang didapatkan dari pengalaman yang memungkinkan seseorang memiliki kecakapan membuat, menyusun dan merencanakan sesuatu secara sistematis dan tujuan mengungkapkan makna kejiwaan dan untuk mencapai hasil-hasil yang menyenangkan sesuai dengan prinsip-prinsip estetis, baik secara intuitif maupun kognitif. seni sudah ada sejak jaman sebelum masehi, Pengertian Seni Menurut Aristoteles (384-322 SM), mengartikan seni sebagai ilmu pengetahuan tentang prinsip-prinsip dalam menghasilkan benda-benda yang indah. Seni adalah tiruan “Falsafi” atau ideal dan bersifat universal dari dunia alamiah dan dunia manusia. Karya seni diharapkan dapat menjadi lambang atau simbol. Dalam pemikiran Aristoteles, puncak dan tujuan karya seni adalah “Katarsis”, (Junani : katharos), yang berarti “murni”, “bersih”, atau “pemurnian”. dalam kajian tentang seni yang diungkapkan oleh para ahli tersebut bahwa dalam pembelajaran seni harus melahirkan suatu karya, baik itu seni musik, maupuncabang seni yang lainnya. pengalaman penulis selama belajar musik secara formal selama kurang lebih enang tahun, baru merasakan ke efektivan belajar seni musik sejak berada di bangku perkuliahan, disalah satu universitas pendidikan. pola pembelajaran seni musik berbeda disaat penulis berada di bangku SMK, dimana pada saat SMK yang ditonjolkan skill dan cara membaca yang cepat, dan diyambah lagi harus menirukan gaya komposer yang konon sudah meninggal ratusan tahun yang lalu. karya-karya jtersebut tidak mudah melainkan rumit, bahkan membuat saya saat mempelajarinya merasa stres. masa SMK telah berlau saya melanjutkan perkuliahan di salah satu universitas keguruan, setelah semester demi semester saya lalui saya mulai berpikir “apakah saya sedang membuang-buang waktu dengan mempelajari suatu reportoar yang sangat rumit yang penciptanya sendiri sudah tidak ada ratusan tahun yang lalu” . pemikiran tersebut terus bermunculan didalam pikiran selama saya dituntut untuk bermain karya yang rumit tersebut dengan meniru karakter sang komposernya, saya merasa bahwa semua ini sangat konyol dan tak masuk akal. dimana komposer sudah meninggal sejak aku lahir, dan aku pun belum pernah melihat cara mereka bermain, sangat tak masuk akal untuk menirukan gaya mereka bermain. saat itu saya mulai berpikir, dari pada saya memainkan karya yang rumit ini yang komposernya sudah tidak ada ratusan tahun yang lalu, kenapa saya tidak membuat hal baru atau membuat karya sendiri yang setidaknya dinimati diri sendiri, bersyukur kalo publik senang. apa untungnya dapat memainkan karya komposer ternama yang rumit tersebut, hanya sekedar pamer skill atau hanya sebuah gengsi. pada dasarnya bagi siapa saja yang belajar seni musik, mereka dituntut untuk membuat karya/ mencipta agar dapat menemukan kepuasan batin. “MEMBUAT KARYA ADALAH BAGIAN DARI PEMBELAJARAN SENI” 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

