“PENGARUH GURU INSTRUMEN BIOLA TERHADAP CEPAT LAMBATNYA PENGUASAAN INSTRUMEN BIOLA BAGI SISWA SMK N 2 KASIHAN BANTUL”

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan, antara lain: guru, siswa, sarana dan prasarana, lingkunan pendidikan, dan kurikulum. Guru mempunyai peranan yang sangat penting guna menunjang keberhasilan suatu oendidikan. Cepat lambatnya siswa dalam menangkap suatu pembelajaran sangat dipengaruhi oleh cara penyampaian pembelajaran atau metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, maka dari itu metode pembelajaran sangat penting dimengerti oleh para guru untuk menyampaikan pembelajaran di dalam kelas. Setiap guru dalam penyampaian pembelajaran akan berbeda-beda dari setiap metodenya, maka dari itu cepet lambatnya siswa dalam memahami pembelajaran akan berbeda-beda dalam setiap guru. Secara etimologis, metode berasal dari kata ‘met’ dan ‘hodes’ yang berarti melalui. Sedangkan istilah metode adalah jalan atau cara yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. Sehingga dua hal penting yang terdapat dalam sebuah metode adalah cara melakukan sesuatu dan rencana dalam pelaksanaan.  

Potensi yang dimiliki siswa berbeda-beda, begitu juga dengan cara mengembangkan potensi yang dimiliki dari setiap siswa tersebut. dengan perbedaan potensi atau kemampuan setiap siswa inilah  seorang guru harus peka, guna memilih metode yang tepat untuk menyampaikan suatu pembelajaran.   Pada siswa instrumen biola SMKN 2 Kasihan Bantul Yogyakarta juga mempunyai potensi yang berbeda-beda, siswa instrumen biola tersebut dari setiap guru pembimbingnya mempunyai metode tersendiri dalam proses pembelajarannya. Maka dari itu akan terlihat cepat lambatnya penguasan materi atau pemahaman yang berbeda, disisi lain ada siswa yang cepat dan lebih menguasai instrumen dalam hal ini instrumen biola, namun disisi lain ada siswa yang lambat atau butuh waktu yang lebih lama dalam penguasaan instrumen. Berdasarkan pengamatan dan pandangan dari peneliti, banyak siswa yang lambat penguasaan biola tidak jarang akan merasa putus asa dan pada akhirnya keluar, padahal siswa tersebut sebenarnya mempunyai potensi yang baik.

Berdasarkan faktor-faktor tersebut timbul permasalahan yang perlu dikaji mengenai kasus metode pembelajaran mempengaruhi cepat lambatnya pemahaman siswa instrumen biola SMK N 2 Kasihan Bantul. Maka dari itu peneliti mengusulkan “Pengaruh guru instrumen biola terhadap cepat lambatnya penguasaan instrumen biola bagi siswa SMK N 2 Kasihan Bantul” sebagai judul dari penelitian yang akan dilakukan.

 

 

 

 

B. IDENTIFIKASI MASALAH

1.    Kurangnya relasi antara guru instrumen biola terhadap siswa intrumen biola mempengaruhi cepat lambatnya penguasaan biola.

2.    Perbedaan metode pembelajaran mempengruhi cepat lambatnya penguasaan materi.

3.    Peranan guru instrumen biola untuk memotifasi siswa mempengaruhi semangat berlatih siswa.

 

C. PEMBATASAN MASALAH

Dengan memperhatikan identifikasi masalah diatas, permasalahan yang diteliti dibatasi oleh faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya penguasaan instrumen biola, yaitu isntrumen biola yang digunakan dalam hal ini dari segi organologi karena perlu diketahui instrumen yang digunakan dari segi kualitas berbeda-beda.

 

D. RUMUSAN MASALAH

1.    Apakah perbedaan metode pembelajaran yang disampaikan mempengaruhi cepat lambatnya penguasaan materi pada siswa mayor biola SMKN 2 Kasihan Bantul

2.    Apakah relasi antara guru dan siswa mempengaruhi perkembangan siswa

3.    Apakah proses latihan yang berkesinambunagn mempengaruhi perkembangan siswa

 

E. TUJUAN PNULISAN

Peneliti menemukan permasalahan dimana di SMKN 2 Kasihan Bantul, guru instrumen biola dimana setiap guru mendapat bagian murid dengan mayor biola sekitar sepuluh siswa. Dalam perkembangan cepat lambatnya dalam penguasaan biola selalu berbeda dari guru satu dengan yang lainnya. Maka dari itu peneliti tertarik untuk menelitinya guna mencari tahu mencari tahu persoalan yang perlu di pecahkan. Baik dari segi metode pembelajarannya, dan hubungan/ relasi guru terhadap siswa terutama siswa dengan isntrumen pokok Biola.

 

F. MANFAAT PENELITIAN

Penelitian ini bermanfaat untuk dapat mencari dampak dari pengaruh perbedaan metode pengajaran instrumen biola dari guru terhadap masing-masing setiap siswa dengan mayor instrumen biola. Disamping itu juga pengaruh atau hubungan guru terhadap siswa  juga mempunyai peranan penting terhadap perkembangan siswa instrumen biola. Pada akhirnya nanti akan diketahui metode yang lebih tepat dalam pembelajaran instrumen biola, disamping itu akan diketahui kedekatan atau hubungan siswa terhadap guru mempunyai peranan penting dalam hasil pembelajaran.

 

 

 

BAB II

KAJIAN TEORI

 

A. METODE PEMBELAJARAN

Metode adalah cara yang berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan. Metode pendidikan adalah cara-cara yang dipakai oleh orang atau sekelompok orang untuk membimbing anak/ peserta didik sesuai dengan perkembangan kearah tujuan yang hendak dicapai (Dwi Siswoyo, dkk 2007: 133). Menurut Nana Sudjana (2005: 76) metode pembelajaran adalah, “Metode pembelajaran ialah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran”. Sedangkan M. Sobri Sutikno (2009: 88) menyatakan, “Metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan”. Dari difinisi tersebut peneliti menarik kesimpulan bahwa motede pembelajaran merupakan suatu metode yang digunakan oleh pengajar guna memberikan kemudahan kepada peserta didik untuk mencapai hasil yang diinginkan.

 

About these ads

About argobin

저의 이름은 아르고 비난또로 입니다 저는 인도네시아 사람 입니다 저의 생일은 1991년5월28일였슴니다 지금 저의 나이는 스물세살 임니다
This entry was posted in blog, study, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s